5 Buah untuk Penderita Radang Tenggorokan

RatuBuah - Buah untuk penderita radang tenggorokan sangat sering dicari, karena pada umumnya buah yang mengandung vitamin C di yakini mampu membantu menyembuhkan radang tenggorokan.

Penyebab radang tenggorokan biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Paparan infeksi biasanya akan menunjukkan gejala yang lebih berat dibandingkan dengan infeksi virus.
Sering mengonsumsi buah merupakan salah satu cara menyembuhkan radang tenggorokan.

Beberapa jenis buah yang bagus untuk penderita radang tenggorokan antar lain :

1. Delima

dalam jus delima dapat menangkal infeksi dan mengurangi peradangan. Buah dengan nama ilmiah Punica granatum ini dilaporkan telah membantu memulihkan peradangan dengan cara diberikan dalam bentuk jus sebanyak tiga kali seminggu selama setahun.

Mereka yang mengonsumsi jus delima dengan rutin pun mengalami lebih sedikit memiliki tanda peradangan, dibandingkan dengan mereka yang tidak diberikan jus delima. Buah ini juga dilaporkan sangat baik untuk membantu mengontrol plak gigi, bahkan memperbaiki beberapa tanda penyakit jantung.

2. Pisang

Buah ini juga menjadi salah satu buah andalan untuk radang tenggorokan karena teksturnya lembut. Tak hanya dimakan langsung, buah ini juga nikmat untuk dijadikan jus atau dimakan dalam kondisi dingin. Nilai gizinya di dalam buah pisang juga sangat baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

3. Alpukat

Buah untuk radang tenggorokan yang selanjutnya adalah alpukat. Teksturnya sangat lembut dan nikmat untuk dikonsumsi. Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang sehat dan memiliki antioksidan tinggi. Dengan begitu, buah ini akan meredam respons peradangan tubuh.

Sifat anti-inflamasi dari alpukat ini bahkan bisa mengimbangi pilihan makanan yang kurang sehat. Kamu bisa mengolahnya menjadi jus , mengonsumsinya langsung, atau menambahkan susu kental manis atau gula untuk menambah rasanya.

4. Buah Naga

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang menyebabkan kerusakan sel, yang dapat menyebabkan peradangan dan penyakit pada tubuh. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan seperti buah naga.

Antioksidan dalam buah naga akan bekerja dengan cara menetralkan radikal bebas, sehingga mencegah kerusakan sel dan peradangan. Buah dengan nama latin Stenocereus pruinosus ini juga mengandung beberapa jenis antioksidan yang kuat, seperti Vitamin C, betalains, dan karotenoid seperti beta-karoten dan likopen.

Mau dibuat jus atau dimakan langsung, buah untuk radang tenggorokan satu ini sangat nyaman untuk dimakan dan pastinya memberikan nutrisi yang tepat untuk mempercepat proses penyembuhan.

5. Pepaya

Buah untuk radang tenggorokan selanjutnya adalah pepaya. Ini karena tekstur buah pepaya juga lembut sehingga mudah ditelan. Buah pepaya juga memiliki antioksidan tinggi dan membantu mengurangi penanda peradangan pada tubuh.

Buah pepaya juga mampu dengan mudah di dapatkan di pasar atau swalayan. Semoga bermanfaat!

ARTIKEL REKOMENDASI