Mengenal Buah Ciplukan Lengkap dengan Manfaatnya

25-05-2022

RatuBuah.com – Pernah dengan buah ciplukan? Yap, buah yang mirip dengan tomat ini memang sering dijumpai di semak-semak.

Selain memiliki rasa yang manis, buah ciplukan ternyata baik untuk kesehatan loh. Penasaran? Yuk simak penjelasan berikut hinga tuntas!

Taksonomi Buah Ciplukan

Berikut klasifikasi buah ciplukan yang perlu kamu ketahui.

Divisi:           Tracheophyta

Upadivisi:      Spermatophytina

Klad:             Angiospermae

Klad:             mesangiosperms

Klad:             eudicots

Klad:             core eudicots

Klad:             asterids

Klad:             lamiids

Ordo:            Solanales

Famili:           Solanaceae

Upafamili:      Solanoideae

Tribus:          Physaleae

Genus :         Physalis

Asal Usul Buah Ciplukan

Ciplukan merupakan tanaman asli dari Amerika Selatan yang kemudian tersebar secara luas ke daerah-daerah tropis di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri, ciplukan memiliki banyak sekali nama. Orang asing menjulukinya morel berry. Orang Sunda menyebutnya cecendet. Sedangkan di Madura diberi nama yor-yoran. Lain lagi di Bali, buah ini dijuliki keceplokan.

Ciri Ciri Buah Ciplukan

Buahnya kecil dan berwarna hijau saat masih mudah dan berubah oranye ketika matang. Buah itu memiliki ukuran 1-2 cm dan mirip dengan tomat kecil yang dilapisi kulit tipis.

Namun, tidak semua buah spesies ciplukan bisa dimakan.

Kandungan Buah Ciplukan

Buah ciplukan mengandung vitamin C dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Satu cangkir seberat 140 gram buah, mengandung kalori yang berasal dari karbohidrat.

Ciplukan dapat memenuhi serat untuk asupan harian referensi (RDI) sebesar 20%. Satu buah ciplukan mengandung 6 gram serat.

Berikut kandungan dalam 140 gram buah ciplukan:

Kalori: 74 kal

Karbohidrat: 15,7 gram

Serat: 6 gram

Protein: 2,7 gram

Lemak: 1 gram

Vitamin C: 21% dari RDI untuk wanita dan 17% untuk pria

Tiamin: 14% dari RDI untuk wanita dan 13% untuk pria

Riboflavin: 5% 

Niacin: 28% dari RDI untuk wanita dan 25% untuk pria

Vitamin A: 7% dari RDI untuk wanita dan 6% untuk pria

Besi: 8% dari RDI untuk wanita dan 18% untuk pria

Fosfor: 8% dari RDI Ciplukan mengandung beta karoten dan vitamin K.

Manfaat Buah Ciplukan

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Mengonsumsi buah ciplukan yang matang diduga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat ini berkat peranan polifenol dan vitamin C yang cukup tinggi di dalamnya. Dengan imunitas yang prima, tubuh dapat melawan infeksi kuman sehingga terhindar dari penyakit infeksi.

2. Menunjang kesehatan tulang

Manfaat buah ciplukan berikutnya adalah mendukung kesehatan tulang. Kandungan vitamin K dalam buah ini berperan penting dalam meningkatkan kepadatan tulang, sehingga tulang pun lebih kuat dan menurunkan risiko patah tulang.

3. Mendukung kesehatan mata

Selain tinggi kandungan vitamin K, buah ciplukan juga mengandung vitamin A yang mampu menjaga kesehatan mata.

Selain vitamin A, buah ciplukan juga mengandung lutein dan karotenoid. Mengonsumsi makanan yang mengandung kedua senyawa aktif ini diduga mampu menurunkan risiko degenerasi makula yang dapat menyebabkan kebutaan.

4. Mencegah anemia

Jenis anemia yang paling umum terjadi adalah anemia defisiensi zat besi. Kondisi ini terjadi ketika kadar zat besi dalam tubuh berkurang, sehingga menurunkan fungsi serta jumlah sel darah merah. Kandungan zat besi dalam buah ciplukan dapat dimanfaatkan untuk mencegah terjadinya anemia ini.

5. Mencegah penyakit kanker

Manfaat buah ciplukan lainnya adalah mampu mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa buah ciplukan mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga dianggap bisa menangkal bahaya radikal bebas yang menjadi pemicu terbentuknya sel kanker dalam tubuh.

Selain itu, sebuah penelitian pada hewan percobaan menemukan manfaat buah ciplukan dalam menurunkan kadar insulin sehingga berpotensi sebagai pengobatan bagi penderita diabetes. Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitasnya bagi manusia.

Nah, itulah ragam manfaat yang bisa kita dapatkan dari buah ciplukan. Ada yang pernah coba belum?