Mengenal Srikaya, Buah Legit Pembawa Rezeki

21-04-2022

RatuBuah.com - Siapa nih yang pernah makan buah Srikaya? Ya, buah yang satu ini tentu terdengar tak asing ditelinga kita. Apalagi buah ini sering disebut sebut sebagai buah pembawa rezeki karena memiliki banyak biji di setiap daging buahnya.

Nah, buat kamu yang masih belum kenal dengan buah srikaya, simak penjelasan berikut hingga tuntas ya!

Taksonomi Buah Srikaya

Divisi:            Tracheophyta

Upadivisi:      Spermatophytina

Klad:             Angiospermae

Klad:             magnoliids

Ordo:            Magnoliales

Famili:           Annonaceae

Genus:          Annona

Spesies:        Annona squamosa

Asal Usul Buah Srikaya

Asal usul tanaman ini tidak diketahui secara pasti, namun srikaya diperkirakan merupakan tanaman tropis yang tumbuh di Amerika Selatan dan beberapa kawasan di Asia. Saat ini, pohon srikaya dapat ditemui dan telah tersebar di Amerika Selatan, Amerika Tengah, kepulauan Karibia, Brasil, Suriname, India, dan Asia Tenggara.

Bentuk Buah Srikaya

Buah ini memiliki bentuk fisik yang amat unik dengan bentuk bulat berwaran hijau dengan tekstur khusus (bulat) yang tertata. Disamping itu rasa daging buahnya sangat manis dan lembut.

Srikaya termasuk semak semi-hijau abadi atau pohon yang meranggas mencapai 8 m tingginya. Daunnya berselang, sederhana, lembing membujur, 7-12 cm panjangnya, dan berlebar 3-4 cm.

Bunganya muncul dalam tandan sebanyak 3-4, tiap bunga berlebar 2-3 cm, dengan enam daun bunga/kelopak, kuning-hijau berbintik ungu di dasarnya.

Buahnya biasanya bundar atau mirip kerucut cemara, berdiameter 6-10 cm, dengan kulit berbenjol dan bersisik. Daging buahnya putih, menyerupai dan memiliki rasa seperti podeng.

Kandungan Buah Srikaya

Srikaya mengandung vitamin C, vitamin B6, kalsium, kalium, magnesium, dan zat besi. Sebagian besar kalori buah srikaya berasal dari karbohidrat. Buah ini tidak memiliki lemak jenuh.

Srikaya juga mengandung senyawa polifenol sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Kandungan serat, vitamin, dan mineral pada buah ini bisa meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kesehatan mata.

Mengutip dari Organicfacts.net, berikut kandungan buah srikaya seberat 100 gram:

- Air 71,5 gram

- Energi 423 kilojoule

- Protein 1,7 gram

- Total lemak lipid 0,6 gram

- Karbohidrat 25,2 gram

- Serat 2,4 gram

- Kalsium 30 miligram

- Zat beri 0,71 miligram

- Magnesium 18 miligram

- Fosfor 21 miligram

- Potassium 382 miligram

- Sodium 4 miligram

- Vitamin C 19,2 miligram

- Tiamin 0,08 miligram

- Riboflavin 0,1 miligram

- Vitamin B6 0,22 miligram

- Tryptophan 0,01 gram

- Lisin 0,04 gram

Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan

Banyaknya kandungan srikaya sekaligus menyimpulkan bahwa buah tersebut juga memiliki beragam manfaat, yakni:

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Buah dan biji srikaya memiliki manfaat sebagai obat tradisional untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti diare dan disentri.

Ini karena buah srikaya memiliki sifat sebagai astringen yang membantu mengurangi kandungan air pada feses dan dapat menurunkan frekuensi buang air besar.

2. Membasmi kutu rambut

Philippine Institute of Traditional and Alternative Health Care mengungkap bahwa biji buah srikaya yang telah dikeringkan memiliki khasiat sebagai pembasmi kutu rambut.

Ini karena biji buah srikaya mengandung 45% minyak kuning yang merupakan iritan bagi kutu rambut.

Cara memanfaatkannya adalah mencampur biji buah srikaya kering dengan minyak kelapa dan mengaplikasikannya pada rambut. Balut rambut dengan handuk dan biarkan selama 1-2 jam.

Namun perlu diingat, biji srikaya hanya dapat membunuh kutu, bukan telur yang belum menetas.

3. Mengatasi ulkus lambung

Bukan hanya bagian buah saja, manfaat atau khasiat daun srikaya yang dihancurkan juga dapat dioleskan sebagai obat yang efektif untuk mengatasi ulkus dan luka ganas.

Hal tersebut dibuktikan pada penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Pharmaceutical Sciences and Research.

Studi yang dilakukan pada tikus tersebut mendapatkan hasil bahwa daun srikaya mampu menghambat lesi lambung yang disebabkan oleh ulkus.

Artinya, ekstrak daun Annona squamosa mungkin memiliki sifat anti-ulkus sehingga dapat membantu penyembuhan ulkus atau luka pada lambung.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Seperti penjelasan di atas, buah srikaya mengandung vitamin C sebanyak 28 mg atau sekitar 31% dari angka kecukupan vitamin per hari.

Jurnal Nutrients menyebutkan bahwa vitamin C merupakan nutrisi penting bagi manusia yang berfungsi untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Vitamin C dapat membantu tubuh Anda melawan zat asing yang masuk ke dalam tubuh sehingga mencegah munculnya penyakit. Artinya, buah srikaya memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Tubuh Anda berpotensi terlindung diri dari berbagai penyakit dengan mengonsumsi buah srikaya karena ada kandungan vitamin C di dalamnya.

5. Menurunkan tekanan darah

Manfaat buah srikaya lainnya terkait penurunan tekanan darah. Ini karena buah srikaya mengandung kalium, antioksidan, serat, hingga magnesium pada srikaya.

Penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Akademika Kimia menunjukkan bahwa ekstrak srikaya dinilai mampu menurunkan tekanan darah pada tikus.

Dengan manfaat ini, buah srikaya mungkin juga dapat mencegah berbagai penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah).

Pasalnya, tekanan darah tinggi (hipertensi) dapat meningkatkan risiko Anda terkena penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung dan stroke.

Selain rasanya yang enak, buah srikaya juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatn kita. Namun, makanlah secukupnya, karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.