5 Buah yang Aman Untuk Penderita Asam Lambung

07-06-2022

RatuBuah.com - Salah satu penyakit yang saat ini sudah banyak dialami masyarakat Indonesia adalah asam lambung. Asam lambung adalah sebuah peyakit yang dapat memberikan efek terbakar di dada karena naiknya asam lambung ke kerongkongan seseorang.

Asam lambung juga dapat menyebabkan rasa mual yang berlebih, pusing, bahkan berujung dirawat di rumah sakit.

Umumnya, asam lambung muncul minimal 2 kali dalam seminggu bagi setiap penderitanya. Namun, tak jarang dari penderita asam lambung akut mengalami asam lambung lebih dari 2 kali dalam seminggunya.

Hal itu terjadi jika seseorang tidak dapat menjaga pola hidupnya dengan baik dan terlalu mengabaikan larangan-larangan bagi penderita asam lambung.

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya asam lambung bagi seseorang. Salah satunya adalah pola hidup tidak sehat yang dijalani oleh penderita asam lambung tersebut.

Pola hidup tersebut  antara lain adalah kebiasaan merokok, meminum minuman beralkohol, kopi yang memiliki kafein tinggi, dan lain sebagainya.

Untuk itu, kamu dihimbau untuk menghindari hal-hal tersebut agar penyakit asam lambung tidak terjadi kepadamu.

Akan tetapi, jika kamu sudah terkena asam lambung ada baiknya untuk mengatur pola hidup sehat dengan lebih baik lagi, mengatur pola makan, dan melakukan apa-apa saja yang dapat mengurangi gejala asam lambung kamu.

Salah satunya adalah dengan memperhatikan buah yang kamu konsumsi. Buah sangat berperan penting untuk penderita asam lambung. Namun, tidak semua buah baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Lalu, buah apa sajakah yang cocok untuk asam lambung. Berikut kami daftarnya.

Daftar Buah yang Aman Untuk Penderita Asam Lambung

1. Pisang

Buah untuk asam lambung yang pertama adalah Pisang. Pisang merupakan buah yang cukup sering kita temukan dan konsumsi saat ini. Pisang baik dan cocok untuk penderita asam lambung karena di Ph yang dimiliki pisang hanya 4,5 sampai 5,2.

Ph tersebut sesuai dan cocok untuk penderita asam lambung karena tidak akan memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan seseorang. Selain itu, pisang juga dinilai dapat menetralisir gelaja maag yang terjadi di dalam lambung seseorang.

2. Apel

Selanjutnya adalah Apel. Mirip dengan pisang, Apel adalah salah satu buah yang cukup sering ditemui saat ini. Bahkan, tak jarang banyak masyarakat yang kerap menyetok apel di kulkas mereka untuk dikonsumsi sehari-hari.

Buah apel dinilai baik untuk penderita asam lambung karena buah yang satu ini tidak terlalu memicu gejala asam lambung atau maag. Akan tetapi, tidak semua apel dapat melakukan hal itu. Kamu juga perlu memilih-milih buah apel untuk kamu konsumsi sebagai penderita asam lambung.

Pilihlah buah apel berwarna merah untuk menghindari gejala asam lambung. Karena, apel hijau dinilai lebih cenderung asam dan dapat menyebabkan asam lambung naik.

3. Melon

Melon dikenal sebagai salah satu buah yang cenderung manis dan tidak dapat memicu naiknya asam lambung. Buah ini juga memiliki sifat basa yang tinggi sehingga sangat aman untuk penderita asam lambung. Hal itu dikarenakan, buah melon memiliki kadar magnesium yang tinggi dan cocok untuk penderita asam lambung.

Magnesium adalah sebuah kandungan utama yang baik untuk meredakan gejala maag dan menetralisir asam lambung. Tidak jarang, banyak orang yang mengolah buah melon sebagai jus atau berbagai jenis olahan lainnya yang baik untuk asam lambung.

4. Pepaya

Buah untuk asam lambung selanjutnya adalah pepaya. Pepaya diketahui baik untuk penderita asam lambung karena memiliki enzim papain yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan dan mempermudah penguraian protein. Hal ini sangat penting dan baik untuk para penderita asam lambung.

Mengapa hal itu sangat penting? Proses pengurain ini dapat mencegah gejala maag terjadi. Jadi, hal tersebut akan mengurangi pemicu naiknya asam lambung.

5. Kelapa

Buah selanjutnya adalah Kelapa. Mungkin kamu berpikir bahwa kamu perlu memakan buahnya secara langsung. Memang memakan buahnya secara langsung juga cukup baik untuk kamu yang menderita asam lambung.

Namun, akan lebih baik jika kamu mengkonsumsi air kelapa mudanya juga. Air kelapa muda dinilai sangat baik untuk penderita asam lambung karena dapat menjaga suhu badan tetap normal dan menghambar peradangan untuk lambung.

Nah, itulah beberapa buah yang aman untuk penderita asam lambung yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!