6 Rekomendasi Buah yang Baik untuk Ibu Hamil

18-05-2022

RatuBuah.com – Saat masa kehamilan, janin dalam kandungan tentu bergantung pada ibu untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Itulah mengapa ibu hamil harus memastikan selalu mengonsumsi makanan yang terbaik untuk janin dan ibu sendiri.

Salah satunya dengan mengonsumsi buah. Seperti yang kita ketahui, buah mengandung banyak sekali manfaat  untuk ibu dan calon si buah hati. Lantas, buah apa sajakah itu? Yuk simak penjelasan berikut hingga tuntas!

6 Rekomendasi Buah untuk Ibu Hamil

1. Alpukat

Seperti yang kita ketahui, buah hijau ini mengandung lebih banyak folat dibandingkan buah lainnya. Alpukat adalah sumber vitamin C, vitamin B, vitamin K, serat, kolin, magnesium, dan kalium.

Selain itu, alpukat juga dipercaya mampu meredakan mual selama kehamilan, hal ini karena kandungan kalium dan magnesium di dalamnya.

Kram kaki yang merupakan masalah umum selama kehamilan ini pun bisa diredakan dengan kandungan kalium tersebut.

Kandungan kolin dalam alpukat juga baik untuk perkembangan otak dan saraf bayi. Kekurangan kolin bisa menyebabkan cacat tabung saraf dan gangguan memori seumur hidup.

2. Apel

Apel termasuk buah yang bagus untuk ibu hamil. Firstcry.com mengatakan bahwa meningkatkan kekuatan dan sistem imun tubuh janin. Selain itu, mengonsumsi apel selama hamil dapat menurunkan risiko penyakit asma dan eksim saat bayi sudah lahir.

3. Jeruk

Buah jeruk membantu bumil tetap terhidrasi. Jeruk juga merupakan sumber folat yang bagus. Folat adalah vitamin B yang berperan penting dalam membantu mencegah kerusakan otak dan sumsum tulang belakang atau neural tube defect.

Selain itu, jeruk merupakan sumber vitamin C yang mengandung antioksidan yang bermanfaat mencegah kerusakan sel. Dengan begitu, tubuh ibu mampu menyerap zat besi dengan baik.

4. Pisang

Pisang adalah salah satu buah terbaik yang perlu dikonsumsi ibu hamil karena ada banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Mulai dari serat, kalium, vitamin C, vitamin B6, dan magnesium. Magnesium dalam pisang berguna untuk menyeimbangkan cairan dalam tubuh ibu hamil sehingga rasa mual dan muntah dapat berkurang. Sebaiknya, konsumsi buah pisang setiap hari. Apalagi saat usia kehamilan masih di trimester pertama.

5. Buah Beri

Selanjutnya, ada buah beri yang baik dikonsumsi saat masa kehamilan. Mulai dari blueberry, raspberry, strawberry, blackberry hingga goji berry, semuanya kaya akan karbohidrat, vitamin C, serat, dan folat.

Selain itu, buah beri mengandung fitonutrien seperti flavonoid dan antosianin. Karbohidrat dan serat dalam buah-buahan beri akan memberikan energi yang sangat dibutuhkan ibu hamil.

6. Mangga

Terakhir, mangga yang merupakan buah terfavorit ibu-ibu hamil. Seperti yang kita ketahui, mangga adalah salah satu buah dengan vitamin C dan vitamin A yang tinggi. Jadi buah ini sangat baik bagi ibu hamil.

Sebab, kekurangan vitamin A saat persalinan akan berdampak pada kekebalan tubuh yang rendah dan risiko komplikasi yang lebih tinggi. Seperti diare dan infeksi saluran pernapasan.

Nah, itulah deretan buah yang baik untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat!