Deretan Buah yang Mengandung Paling Banyak Vitamin C

26-05-2022

RatuBuah.com - Vitamin C atau asam askorbat (AA) adalah senyawa yang larut dalam air. Vitamin C menjadi salah satu vitamin yang sejak dulu diklaim aman dikonsumsi. Apalagi, vitamin ini dikenal memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita.

Mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh, membantu proses pemulihan, sebagai antioksidan, merawat kesehatan tulang rawan hingga mampu memproduksi kolagen yang dibutuhkan untuk membantu mencegah keriput.

Mengingat manfaat yang banyak ini, tak heran jika tubuh kamu membutuhkan asupan vitamin C dari makanan. Salah satu sumber terbaik vitamin ini adalah buah-buahan. Berikut deretan buah dengan kandungan vitamin C paling banyak.

Deretan Buah yang Mengandung Paling Banyak Vitamin C

1. Jeruk

Buah jeruk yang juga populer dengan sebutan Citrus ini dikenal memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Bahkan, jeruk juga menyimpan berbagai senyawa lain dan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab kanker dan melawan berbagai jenis penyakit lainnya.

Satu buah jeruk ukuran sedang mengandung vitamin C sebanyak 82,7 miligram. Jumlah ini dapat mencukupi 91% kebutuhan orang dewasa dalam sehari.

Selain vitamin C, jeruk juga mengandung banyak vitamin dan mineral, terutama vitamin B1, B9 (folat), dan kalium. Dengan mengonsumsi jeruk, tubuh Anda pun bisa memperoleh antioksidan berupa fenol dan likopen.

2. Kiwi

Dilansir dari jurnal milik Rizky Amalia, dkk (2017) dengan tajuk Analisis Ekstrak Buah Kiwi (Actinidia Deliciosa) Pada Kadar Ureum dan Kreatinin Serum Tikus Wistar yang Diinduksi Parasetamol, buah kiwi kaya vitamin C dan E.

Satu buah kiwi mampu mencukupi kebutuhan vitamin C satu orang dewasa dalam sehari. Selain itu, kandungan vitamin C pada buah kiwi 17 kali lebih banyak dibandingkan apel serta dua kali lebih banyak dibandingkan jeruk maupun lemon.

3. Mangga

Meskipun tak sebanyak buah-buahan lain yang sudah disebutkan, kandungan vitamin C pada mangga tetap patut diperhitungkan. Mengonsumsi setengah buah mangga dapat memberikan asupan vitamin C sebesar 60 miligram, atau setara 66% kebutuhan harian.

Mangga juga kaya akan serat dan fitokimia, seperti karotenoid dan polifenol. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa senyawa antioksidan polifenol yang ada dalam buah mangga berpotensi menurunkan risiko kanker payudara dan kanker usus besar.

4. Lemon

Satu buah lemon berukuran sedang mengandung 83 mg vitamin C. Vitamin C dalam air perasan lemon juga bertindak sebagai antioksidan. Selain itu, jika Anda memeras air lemon ke atas buah atau sayur yang dikupas, akan terhindar dari oksidasi atau berubahnya warna makanan menjadi cokelat.

5. Blackcurrant

Blackcurrant atau Ribes Nigrum adalah buah yang biasa digunakan untuk obat. Satu setengah cangkir blackcurrant mengandung 101 mg vitamin C.

Jumlah tersebut dapat membantu tubuh mengurangi peradangan kronis. Warna gelap pada kulit blackcurrant mengandung antioksidan flavonoid yang berfungsi memperbaiki sel yang rusak akibat radikal bebas.

Berdasarkan penelitian, orang yang rutin mengonsumsi blackcurrant minim terserang penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, dan penyakit neurodegeneratif.

Sari blackcurrant bahkan dipercaya dapat mengobati glukoma, alzheimer, infeksi saluran pernapasan, flu, serta penyumbatan pembuluh darah dan arteri.

6. Jambu Biji

Pada 100 gram buah jambu biji, terkandung 228 mg vitamin C. Jambu biji termasuk buah dengan kandungan vitamin C terbanyak dibandingkan buah lainnya, termasuk jeruk. Dalam satu cangkirnya, jambu biji mengandung 377 mg vitamin C dan 9 gram serat.

Penelitian juga menunjukkan bahwa buah tropis yang berasal dari wilayah Meksiko dan Amerika Selatan ini memiliki sejumlah manfaat dan menjadi obat untuk berbagai kondisi kesehatan. Di daerah asalnya itu, daging buah jambu biji dijadikan obat tradisional untuk menyembuhkan luka.

Selain itu, dalam sebuah studi diungkapkan bahwa mengonsumsi 400 gram jambu biji yang dikonsumsi setiap hari mampu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

7. Pepaya

Buah pepaya tumbuh di daerah beriklim tropis, memiliki rasa manis, berwarna cerah dan memiliki beragam manfaat kesehatan. Dalam 145 gram pepaya, terkandung 87 mg vitamin C, sedikit lebih tinggi ketimbang secangkir jeruk.

Pepaya juga merupakan sumber beta-karoten, folat, vitamin A, dan berbagai vitamin B. Dengan antioksidan yang berlimpah, pepaya sering digunakan sebagai kandungan produk perawatan kulit.

Dengan mengonsumsi pepaya, kita dapat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, kanker, membantu pencernaan, meningkatkan kontrol glukosa darah pada penderita diabetes, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan penyembuhan luka.

Vitamin C yang terkandung pada pepaya juga membantu daya ingat dan memiliki efek antiperadangan yang kuat di otak. Dalam suatu studi, 20 orang dengan Alzheimer ringan yang diberi ekstrak pepaya pekat menghasilkan penurunan peradangan dan penurunan stress oksidatif sebesar 40 persen.

Nah, itulah deretan buah dengan kandungan vitamin C paling banyak yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!