Daftar Buah yang Mengandung Vitamin D

27-05-2022

RatuBuah.com - Meski umum disebut sebagai vitamin, sebenarnya vitamin D bukan semata-mata vitamin, namun dianggap sebagai pro-hormon.

Vitamin adalah nutrisi yang harus diperoleh melalui makanan atau suplemen, karena tidak dapat dibuat sendiri oleh tubuh. Namun, vitamin D mampu diproduksi oleh tubuh manusia dari sinar matahari (sinar UV) yang diserap kulit.

Menurut penelitian, manfaat vitamin D tidak hanya menjaga kekuatan tulang, tapi juga mampu mengurangi risiko sejumlah penyakit, di antaranya:

1. Membantu mencegah kanker usus besar, kanker prostat, dan kanker payudara

2. Mengurangi risiko diabetes

3. Mengurangi risiko terkena preeklamsia pada ibu hamil

4. Mengurangi risiko terkena multiple sclerosis dan beberapa penyakit autoimun seperti artritis, penyakit tiroid, penyakit Crohn, psoriasis dan radang usus.

5. Menjaga perkembangan fungsi otak.

Selain dari sinar matahari, vitamin D juga dapat diperoleh dari buah-buahan loh. Lantas, buah apa sajakah itu?

Daftar Buah yang Mengandung Vitamin D

1. Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah yang mengandung vitamin D. Kandungan minyak alami yang terdapat dalam buah alpukat mengandung asam lemak omega 3, vitamin A,D, dan E. Tidak hanya baik bagi tubuh, mengonsumsi alpukat juga dapat meningkatkan kesehatan kulit dan rambut.

Sebuah penelitian tahun 2011 juga menemukan bahwa kandungan vitamin D, E, beta karoten, protein, dan asam lemak yang terkandung dalam alpukat dapat mempercepat penyembuhan dan menenangkan kulit.

Selain dalam bentuk buah, kamu juga bisa menggunakan minyak alpukat (avocado oil) untuk mendapatkan asupan vitamin D. Kamu bisa mencampurkan minyak alpukat ini ke dalam masakan atau digunakan secara langsung ke kulit sebagai minyak esensial.

2. Pisang

Pisang sebenarnya bukanlah buah yang mengandung vitamin D, tetapi pisang kaya akan magnesium yang dapat membantu mengaktifkan vitamin D dalam tubuh. Sebuah ulasan dalam Journal of The American Osteopathic Association menyimpulkan bahwa asupan magnesium harian yang tepat sangat diperlukan karena magnesium membantu mengaktifkan vitamin D begitu memasuki aliran darah.

Selain kaya akan magnesium, pisang juga mengandung potasium, vitamin B6, C, dan serat, sehingga dapat membantu masalah pencernaan, diabetes, hingga menjaga tekanan darah tetap normal. Kamu dapat mengonsumsi pisang secara utuh atau diolah menjadi smoothies atau pancake.

3. Kiwi

Selain kaya akan vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin K, kalium, asam folat, kalsium, serat, dan antioksidan, kiwi juga mengandung vitamin D. Penelitian menemukan bahwa kiwi bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, meningkatkan imun tubuh, menjaga kesehatan pencernaan, serta mengurangi risiko berbagai penyakit.

4. Leci

Tidak hanya manis, namun leci juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan si kecil. Kandungan vitamin D dalam leci berkhasiat untuk membantu meningkatkan kepadatan tulang, meningkatkan sistem imun, mengatasi sembelit, menyehatkan jantung, dan mencegah risiko kanker. Selain itu, leci juga kaya akan vitamin A, vitamin C, serat, vitamin B12, kalium, natrium, dan kalsium.

5. Mangga

Rasanya yang manis dan segar membuatnya digemari oleh anak-anak. Namun, kelebihan mangga terletak pada kandungan nutrisinya yang lengkap. Antara lain, vitamin A, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B6, vitamin C, vitamin D, vitamin E, serta vitamin K.

Semua kandungan nutrisi tersebut bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, meningkatkan imun tubuh, menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan kulit dan rambut, serta mencegah risiko anemia.

Nah, itulah daftar buah yang mengandung vitamin D. Semoga bermanfaat!