Mengenal Jenis Jenis Buah Jambu, Ada Banyak Sekali

23-05-2022

RatuBuah.com – Siapa nih yang suka makan buah jambu? Yap, buah yang berasal dari Brasil ini memang menjadi buah kegemaran masyarakat Indonesia. Apalagi buah jambu memiliki rasa manis yang bikin ketagihan.

Namun, tahukah kamu bahwa buah jambu memiliki beragam jenis? Apa sajakah itu? Yuk simak penjelasan berikut hingga tuntas!

Jenis Jenis Buah Jambu

1. Cincalo

Jambu cincalo memiliki arti jambu enak dan manis. Jambu tidak berbiji ini berasal dari Desa Gondrong, Kecamatan Cipondoh, Kabupaten Tangerang, Banten. Ada buah yang berwarna merah dan berwarna hijau.

Cincalo merah ukurannya besar. Kadang buahnya ada yang berbiji, banyak juga yang tidak berbiji. Sementara cincalo hijau bentuknya lebih kecil. Rasanya renyah, segar, dan manis.

2. Citra

Jambu citra punya bentuk yang besar menyerupai lonceng. Rata-rata bobotnya bisa mencapai 250 gram per buah. Warna buahnya merah menyala dan mulus. Dagingnya tebal, empuk, dengan rasa manis dan tanpa biji.

3. Green rose apple

Green rose apple berasal dari Thailand. Bentuknya bulat lonjong dan memiliki ‘bibir pink yang agak menyembul ke luar. Kadar kemanisannya cukup manis.

4. Bell Apple

Jambu bell apple diduga didatangkan dari Australia. Bentuknya menyerupai lnoceng tapi agak membulat. Warnanya gradasi merah muda menuju putih. Daging buahnya punya citarasa manis dan lembut.

5. Black kingkong

Jambu black kingkong berasal dari Taiwan. Bentuk buahnya besar dan membulat dengan warna buah merah gelap dan semburat kuning pucat di tangkai. Daging buah jambu black kingkong renyah tanpa serat dengan rasa yang manis.

6. Irung petruk

Jenis ini berasal dari Yogyakarta, namanya berarti ‘hidung petruk’. Bentuknya panjang dan lonjong seperti tokoh Petruk dalam pewayangan.

Warna kulitnya merah marun terang, dengan permukaan mengilap. Daging buah berwarna putih yang cukup tebal dan empuk. Rasanya manis segar dengan kadar air yang rendah.

7. King rose apple

Jambu ini memiliki bentuk segitiga sama sisi. Berasal dari Thailand, buah ini memiliki warna merah muda mulus merata.

Dagingnya tebal, padat, bertekstur halus tanpa serat, serta renyah dan berair. Kadar manisnya cukup tinggi jika sudah benar-benar matang.

8. Si loreng

Daging buah bagian luar memiliki kombinasi warna merah dan hijau. Ukurannya lebih kecil daripada king rose apple.

9. Pink rose apple

Jambu air yang satu ini didatangkan dari Thailand. Bentuknya seperti lonceng, mulus dan mengilap. Warnanya merah muda merata. Rasanya sudah manis bahkan jika dipanen lebih awal.

10. Madu deli hijau

Jambu madu deli hijau berasal dari Taiwan. Warnanya hijau dengan semburat merah di bagian bawah. Rasa buah manis dan kering.

11. Bunga cengkih

Jambu bunga cengkih diduga merupakan hasil persilangan di alam antara jambu lilin dan citra. Bentuknya lonjong, dengan bagian pantat buah mirip dengan bunga cengkih.

Warnanya merah tua menyala. Dengan daging putih dan tebal, hampir semuanya tanpa biji. Rasanya kurang manis.

12. Camplong

Jambu ini memiliki bentuk membulat segitiga. Warnanya ada yang merah dan putih. Sementara dagingnya punya tekstur halus dan empuk, dengan citarasa manis dan segar.

13. Dalhari

Jambu dalhari berasal dari Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Sleman, Yogyakarta. Bentuk buah mirip lonceng, cenderung agak membulat tanpa pinggang.

Warna buah merah tua polos dengan daging yang tebal, renyah, tanpa serat, dan rasa manis sedikit asam.

14. Delima/merah delima

Jambu air yang satu ini berasal dari demak, Jawa Tengah. Bentuknya seperti lonceng dengan warna merah seperti delima. Daging buahnya renyah dan punya cita rasa mmanis.

15. Madu hijau

Jambu ini berasal dari Malaysia, berwarna hijau terang dengan semburat merah kecoklatan, licin, dan mulus. Daging buahnya sendiri tebal, padat, berair, dan tanpa biji.

16. Milo

Buah jenis milo berukuran besar dengan bentuk lonceng. Diameter hampir sama dengan diameter bola tenis. Warna buah merah tua kehitaman, dengan daging buah tebal dan rasa manis segar.

17. Mekarsari 2

Buahnya mulus mengilap dengan warna hijau semburat merah. Dagingnya sendiri berwarna putih, agak tebal, halus, tidak berserat, dan rennyah. Bijinya kecil. Kadang ada pula yang tidak memiliki biji. Rasa buah manis, dengan kandungan air cukup tinggi.

18. Mutiara hitam

Buahnya gempal berbentuk segitiga sama sisi. Warna buahnya merah kehitaman, membuat buah ini jadi eksotis. Daging buah tebal, tetapi memiliki biji yang besar. Rasanya juga sangat manis.

19. Mutiara pink

Bentuk buah mutiara pink membulat tanpa pinggang. Pangkal dekat tangkai datar, tidak meruncing. Warna buahnya merah muda kecoklatan. Daging buahnya renyah dengan kadar air tinggi. Rasanya manis tanpa sensasi masam.

20. Mutiara super

Jambu ini merupakan hasil eksplorasi di Tangerang, Banten. Bentuknya agak bongsor silinder, mirip seperti gelas. Warna buahnya merah tua, dengan rasa manis sedikit asam.

21. Wonoayu

Buahnya memiliki warna hijau terang. Dagingnya sendiri renyah dengan rasa yang manis dan harum. Ukurannya tidak terlalu besar, dengan biji yang besar dan berongga. Jika digoyang akan berbunyi.

22. Tsunami

Jambu ini berasal dari Aceh. Bentuk buahnya unik, dengan bibir di ujung buah yang agak menonjol. Warna buahnya hijau pekat saat muda, kemudian berubah hijau pucat ketika matang. Daging buahnya padat dengan citarasa manis bahkan saat belum matang.

Wah banyak banget yah jenis jenis buah jambu ini. Kamu sudah pernah coba yang mana aja nih?