Mengulik Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan, Bagus Buat Ibu Hamil

04-06-2022

RatuBuah.com - Siapa nih yang suka buah melon? Melon merupakan tanaman yang termasuk ke dalam famili Cucurbitaceae dengan nama latin Cucumis melo L.

Tanaman ini sangat digemari karena memiliki cita rasa yang manis dan mengandung vitamin yang baik bagi tubuh.

Tanaman ini sangat mudah ditemukan karena dijual di pasar tradisional ataupun swalayan. Nah, buat kamu yang ingin mengenal buah melon, berikut penjelasannya!

Taksonomi Buah Melon

Berikut klasifikasi buah melon yang perlu kamu ketahui.

Kingdom : Plantarum

Divisi : Spermatophyta

Sub-divisi : Angiospermae

Kelas : Dikotiledoneae

Sub-kelas : Sympetalae

Ordo : Cucurbitales

Family : Cucurbitaceae

Genus : Cucumis

Spesies : Cucumis melo L.

Asal Usul Buah Melon

Buah Melon sebenarnya berasal dari daerah panas atau padang pasir. Tanaman ini disebutkan berasal dari daerah Mediterania, yang merupakan daerah yang berbatasan dengan Asia Barat, Eropa, dan Afrika.

Tetapi, penelitian urutan DNA malah menunjukkan bahwa nenek moyang liar melon ternyata muncul di India. Walau demikian, pendapat kebanyakan justru mempercayai bahwa melon berasal dari Afrika.

Sementara bukti-bukti sejarah dan arkeologis menunjukkan bahwa melon dari Mesir dan Iran yang kemudian menyebar ke Timur Tengah dan Asia.

Pada abad ke-15, melon dibawa dari Armenia ke wilayah kediaman Paus, yaitu Cantaluppe, di dekat Roma.

Dari Cantaluppe, melon lalu didistribusikan ke Eropa Barat. Tanaman ini kemudian dibawa ke Dunia Baru oleh Columbus dan disebarkan ke California oleh bangsa Spanyol pada tahun 1683.

Jadi, buah lezat favorit banyak orang ini sebenarnya telah melewati perjalanan yang panjang dari daerah asalnya hingga sampai ke Indonesia, bahkan hingga tersebar ke seluruh dunia.

Ciri Ciri Buah Melon yang Masak

Kulitnya berubah warna menjadi kekuning-kuningan, terbentuk lapisan pemisah pada cincin atau tangkai buah, di sekitar tangkai dan kelopak mulai menguning, serta agak lunak bila ditekan, dan aromanya mulai tercium. Buah melon mulai dapat dipanen setelah umur 3 bulan, atau tergantung jenisnya.

Kandungan Buah Melon

Dengan mengonsumsi sepotong melon seberat 100 gram, Anda bisa mendapatkan kandungan gizi sebagai berikut.

Energi: 36 kkal

Protein: 0,5 gram

Lemak: 0,15 gram

Karbohidrat: 9 gram

Serat: 9 gram

Thiamin (vitamin B1): 0,04 miligram

Riboflavin (vitamin B2): 0,01 miligram

Niasin (vitamin B3): 0,4 miligram

Asam pantotenat (vitamin B5): 0,16 miligram

Vitamin B6: 0,09 miligram

Vitamin C: 18 miligram

Kalsium: 6 miligram

Besi: 0,17 miligram

Fosfor: 11 miligram

Kalium: 228 miligram

Natrium: 18 miligram

Zinc: 0,09 miligram

Manfaat Buah Melon

Dengan kandungan sebanyak itu, tentu saja buah melon memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

1. Mencegah dehidrasi

Dehidrasi terjadi bila tubuh Anda kekurangan cairan sehingga tidak bisa menjalankan fungsinya. Selain minum air putih, satu lagi cara mudah untuk mencegah dehidrasi adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi kandungan air seperti melon.

Dua potong melon mengandung 159 gram air, atau setara dengan setengah gelas air. Berbagai mineralnya pun dapat memulihkan elektrolit dalam tubuh Anda. Jadi, agar Anda tidak lagi kekurangan cairan, jangan lupa jadikan buah ini sebagai camilan harian.

2. Memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil

Selama kehamilan, ibu memerlukan asupan vitamin dan mineral yang lebih tinggi dari biasanya. Ibu hamil mungkin juga sedang tidak berada pada kondisi terbaiknya karena sistem imun yang cenderung lebih lemah.

Buah melon bermanfaat untuk ibu hamil. Kalium pada buah ini membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung, vitamin C memperkuat sistem imun, dan vitamin B6 mendukung pertumbuhan tulang belakang janin.

3. Manfaat melon untuk pencernaan

Buah melon dapat menjadi solusi bagi Anda yang susah buang air besar. Manfaat ini tidak lain berasal dari kandungan air dan serat pada melon. Asupan air dan serat akan membuat feses lebih berisi, tapi cukup lunak untuk dikeluarkan dari tubuh.

Kandungan serat melon memang tidak setinggi buah-buahan lain, tapi ini justru bagus untuk orang yang belum terbiasa makan makanan tinggi serat. Dengan menambah asupan serat sedikit demi sedikit, perut akan mulai terbiasa mengeluarkan feses secara teratur.

4. Menurunkan tekanan darah

Pola makan yang banyak mengandung sayur dan buah dapat membantu menurunkan tekanan darah serta penyakit jantung. Terlebih lagi bila makanan yang Anda konsumsi rendah natrium dan kaya akan kalium.

Natrium di dalam tubuh dapat mengikat cairan dan menambah volume darah sehingga tekanan darah menjadi naik. Kalium dalam melon dapat membantu menyeimbangkan kembali volume darah. Dengan begitu, tekanan darah berangsur menurun.

5. Memperkuat sistem imun dan mencegah infeksi

Melon termasuk buah dengan vitamin C yang bermanfaat bagi imun tubuh. Menurut penelitian dalam jurnal Nutrients, vitamin C mempercepat perpindahan sel-sel imun ke area infeksi dan merangsang sel tertentu untuk memakan bakteri.

Vitamin C juga memperkuat sel imun yang melindungi jaringan tubuh dari kerusakan selama melawan kuman. Agar sistem imun Anda lebih kuat dan tubuh senantiasa terlindungi dari infeksi, makanlah setidaknya satu potong melon setiap hari.

Wah banyak banget yah manfaat buah melon untuk kesehatan. Namun ingat, sesuatu yang berlebihan pada dasarnya gak baik. Jadi jangan makan terlalu banyak yah!