Mengulik Manfaat yang Terkandung pada Buah Stroberi

23-05-2022

RatuBuah.com – Siapa nih yang pecinta buah stroberi? Yap, buah dengan khas berwarna merah ini memang menjadi buah favorit semua orang, terutama di kalangan anak anak.

Selain memiliki rasa yang enak, buah ini memiliki segudang manfaat loh. Itulah mengapa buah ini seringkali dijadikan sebagai perisa dalam berbagai makanan.

Lantas, apa sajakah manfaat buah stroberi? Yuk simak penjelasan berikut hingga tuntas!

Taksonomi Buah Stroberi

Kerajaan:      Plantae

Divisi:           Magnoliophyta

Kelas:           Magnoliopsida

Ordo:            Rosales

Famili:           Rosaceae

Subfamili:      Rosoideae

Genus:          Fragaria

Spesies:        F. × ananassa

Asal Usul Buah Stroberi

Sebelum menyebar ke banyak negara, stroberi pertama kali diproduksi di Eropa sekitar abad ke-13.

Dilansir dari The University of Vermont, saat itu Perancis mulai mencangkok varietas stroberi kayu (fragraria vesca) dari hutan belantara ke kebun. Varietas tersebut diketahui merupakan jenis stroberi asli pertama di dunia.

Setelah 200 tahun berlalu, tepatnya pada 1500-an, Eropa mulai membudidayakan varietas stroberi lain, yakni stroberi musky (fragraria moschata) di banyak kebun di Eropa. Penyebaran stroberi terus berlanjut.

Pada 1600-an, Amerika Utara menyebarkan jenis baru berupa stroberi virginia (fragaria virginiana) ke Eropa. Inggris kemudian ikut menyusul penyebaran buah beri berbentuk hati ini pada akhir 1700-an hingga awal 1800-an. Selama periode ini, stroberi sangat populer di Inggris.

Ciri Ciri Buah Stroberi

Tanaman ini berbuah semu dengan bentuk unik yakni oval dan lonjong. Buah berwarna merah apabila telah tua ataupun matang, memiliki warna hijau apabila masih muda.

Buah ini memiliki pori di beberapa bagian permukaan buah yang jumlahnya banyak dan beragam. Pori tersebut memiliki warna kehitaman ataupun kecoklatan mudah. Untuk rasanya, buah ini berasa sangat manis dan terdapat yang kecut atau asam.

Buah tanaman stroberi tersusun dari biji yang memiliki warna putih yang dikenal dengan achene. Achene ini tersusun dari ovul yang telah mengalami penyerbukan dan berkembang menjadi buah yang kering dengan biji yang keras.

Buah stroberi yang populer di masyarakat yaitu reseptakel atau jaringan dasar bunga telah membesar/ berkembang. Bentuk buah tanaman stroberi sangat beragam yang dipengaruhi oleh sifat genetik.

Kandungan Buah Stroberi

Dilansir dari Food Data Central, dalam 100 gram buah strawberry memiliki kandungan sebagai berikut.

Air: 90,95 gr

Energi: 32 kcal

Karbohidrat: 7,68 gr

Vitamin C: 58,8 gr

Vitamin A: 1 mcg

Beta karotin 7 mcg

Vitamin E (alpha-tocopherol): 0,29 mg

Vitamin K: 2,2 mcg

Vitamin B6: 0,047 mg

Lemak total: 0,67 gr

Gula: 4,89 gr

Serat: 2 gr

Kalsium: 16 mg

Kalium: 153 mg

Zat besi: 0,41 mg

Magnesium: 13 mg

Fosfor: 24 mg

Zink: 0,14 mg

Riboflavin: 0,022 mg

Folat: 24 mcg

Kolin: 5,7 mcg

Manfaat Buah Stroberi

1. Meredakan flu dan menambah sistem imunitas

Di dalam buah stroberi terdapat kandungan vitamin C, vitamin tersebut berguna dalam menunjang sistem kekebalan tubuh. Dikarenakan badan kita tak dapat menghasilkan vitamin C, kita bisa memperolehnya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C salah satunya adalah tanaman stroberi.

2. Mengontrol berat badan

Berdasarkan studi, stroberi dapat mengatasi berat badan yang meningkat dan salah satu dari banyaknya jenis buah yang apabila dimakan tiap hari bisa membantu dalam menurunkan berat badan. Kandungan flavonoid di dalam stroberi bisa mengatasi kenaikan berat badan dengan merangsang sistem metabolisme dan menurunkan nafsu makan.

3. Menurunkan kolesterol dan resiko kardiovaskular

Tanaman stroberi terdapat kandungan nutrisi yang melindungi kardio seperti vitamin C, flavonoid, folat, dan serat yang bisa mengurangi tingkat penyakit kardiovaskular seperti kolesterol dan tekanan darah.

4. Menurunkan resiko kanker

Tanaman stroberi yaitu salah satu tanaman yang bisa menurunkan resiko kanker dengan kandungan antioksidan salah satunya yaitu vitamin C dan flavonoid. Kandungan flavonoid di dalam stroberi bukan hanya menurunkan peradangan namun dapat menurunkan proliferasi sel yang berhubungan dengan kanker.

5. Mempertahankan kesehatan mata

Di dalam stroberi terdapat kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi yang bisa mengurangi resiko katarak dan bisa menjaga tubuh dari radikal bebas yang dapat mencegah adanya kerusakan pada sel di dalam tubuh.

6. Mengatasi jerawat

Di dalam stroberi terdapat kandungan asam salisiat berguna dalam mempertahankan kualitas kulit supaya terhindar dari parasit yang dapat tumbuh di area permukaan kulit termasuk jerawat.

7. Memutihkan gigi

Di dalam stroberi terdapat kandungn asam malat yang berguna untuk mengikis serta mengatasi noda di permukaan gigi dengan cara mengunyah buah stroberi. Gigi akan menjadi lebih bersih dan membuat nafas mulut akan menjadi lebih segar.

Wah, banyak banget yah manfaat buat stroberi. Eits, sesuatu yang berlebihan pada dasarnya gak baik loh. Jadi, tetap makan sesuai porsi ya gais.