Salak Gading: Ciri Khas, Budidaya, Serta Manfaatnya

RatuBuah - Salak gading mungkin belum begitu terkenal seperti salak pondoh, meskipun keduanya berasal dari Turi, Sleman. Padahal, salak ini memiliki banyak kegunaan, terutama saat harga salak pondoh turun drastis, dapat menjadi penyelamat ekonomi petani.

Salah satu ciri khasnya adalah warna kulit yang lebih muda daripada salak lain, yang umumnya berwarna coklat gelap. Meskipun demikian, daging buahnya lebih tebal dengan aroma dan rasa manis yang khas. Dibandingkan dengan jenis salak lainnya, buah ini cenderung lebih sepat dan memiliki sedikit rasa asam.

Ciri Khas Salak Gading

Dari segi fisik, salak ini mudah dikenali dari warna kulit yang lebih cerah. Tanaman buah ini biasanya memiliki batang yang lebih hijau, duri yang kekuningan, dan daun yang mulus.

Suharno, seorang petani salak sekaligus Sekretaris Koperasi Kertomandiri Sejahtera, menyatakan bahwa buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa waktu lalu, salak ini sangat dicari, namun popularitasnya menurun ketika salak pondoh meroket.

Namun, belakangan ini  mulai dikenal kembali karena dianggap memiliki khasiat sebagai penawar penyakit, termasuk asam urat. Selain itu, masih banyak manfaat lain dari salak ini yang diyakini oleh warga setempat.

Keuntungan Ekonomi dari Budidaya Salak Gading

Dari segi perekonomian, dikatakan bahwa budidaya jenis salak ini memiliki keuntungan ekonomi yang signifikan. Menurut Suharno, petani salak dan Sekretaris Koperasi Kertomandiri Sejahtera, buah ini dianggap lebih aman secara ekonomi. "Harganya relatif lebih stabil dibandingkan salak lain," jelasnya.

Stabilitas harga ini disebabkan oleh perbedaan dalam proses penanaman dan perawatan. Meskipun demikian, pencangkokannya lebih sulit dibandingkan dengan jenis salak pondoh, terutama karena tidak boleh dilakukan di areal panas. Suharno bahkan mengilustrasikan bahwa dari 10 batang yang dicangkok, mungkin hanya empat yang berhasil tumbuh.

Saat ditemui di kebun salaknya di Bangungkerto, Turi, Suharno menyampaikan keprihatinannya terhadap eksistensi salak ini. Bibit salak pondoh saat ini banyak dijual ke luar daerah, dan Suharno khawatir bahwa bibitnya juga akan banyak dijual. Padahal, minat pasar terhadap buah ini kini mulai meningkat.

Petani juga mulai menanam jenis salak ini sebagai variasi dalam budidaya salak lokal. Ada kekhawatiran pola ini akan serupa dengan salak pondoh, di mana bibit dikirim ke luar daerah tanpa kendali selama beberapa waktu, dan akhirnya harga turun drastis karena adanya eksodus salak dari luar daerah. "Semoga saja pemerintah membuat semacam pembatasan terkait penjualan bibit ini," harapnya.

Manfaat Salak Gading Bagi Kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan:

Menjaga Kesehatan Jantung

Salak ini mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan jantung, membantu menjaga tekanan darah dan mencegah pembekuan darah.

Kaya Kandungan Protein

Kandungan protein di dalamnya memberikan manfaat dalam pembentukan tulang dan regulasi hormon untuk mengendalikan sel dalam tubuh.

Meningkatkan Stamina

Vitamin C dan Vitamin A dalam daging salak gading Jogja dapat meningkatkan stamina tubuh, menjadikannya buah yang cocok untuk dibawa sebagai bekal perjalanan atau untuk persiapan aktivitas padat.

Salak Gading untuk Diabetes

Kulit buahnya dapat dijadikan obat diabetes dengan cara merebusnya dan menggunakan hasil saringan rebusan sebagai teh untuk diminum.

Kaya Serat

Buah ini mengandung serat yang sebanding dengan buah-buahan lain seperti pisang dan apel, membantu menjaga dan memperlancar pencernaan untuk meningkatkan penyerapan energi dari makanan.

Solusi Mata Rabun

Penyebab mata rabun jauh adalah kekurangan vitamin A dalam tubuh. Mengonsumsi Salak ini dapat menjadi solusi yang tepat untuk menjaga kesehatan mata dan mengobati mata rabun jauh, karena kandungan vitamin A dalam dagingnya sangat tinggi.

Mengobati Anemia

Riwayat penyakit anemia dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Dengan kandungan zat besi di dalamnya, merupakan solusi efektif untuk mengobati anemia. Zat besi merangsang pertumbuhan sel darah, menjaga peredaran darah, dan mencegah lemas atau kekurangan energi.

Mengurangi Mual

Khasiat Salak Gading memiliki manfaat mengurangi mual, terutama direkomendasikan bagi wanita hamil. Kandungannya dapat membantu mengurangi rasa mual yang sering dirasakan selama kehamilan.

Mencegah Asam Lambung

Bagi yang memiliki penyakit asam lambung, Dengan kadar asam di dalamnya dapat ditolerir dan cocok untuk dikonsumsi. Bahkan, buah ini diklaim dapat mengobati dan mencegah penyakit asam lambung.

Baik untuk Kesehatan Janin

Selain mengurangi mual pada wanita hamil, jenis salak ini juga berpengaruh positif pada pertumbuhan janin dalam kandungan. Kandungan zat besi, kalsium, dan pektin membantu menjaga pembentukan tulang dan memori bayi.

Mencegah Kanker

Kanker adalah penyakit serius, namun Salak ini diklaim dapat membantu mencegahnya. Kandungan vitamin C di dalamnya membantu regenerasi sel tubuh dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Sistem imun yang baik adalah filter penting dari serangan virus dan penyakit. Dengan kandungan vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi, dan mineral lainnya, dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Memperkuat Kondisi Tulang

Kalsium dan zat besi di dalamnya bermanfaat untuk menjaga kondisi tulang, membuatnya direkomendasikan untuk anak-anak dalam masa pertumbuhan dan orang tua.

Meningkatkan Kecerdasan Otak

Kandungan mineral dalam buah ini mendukung kecerdasan otak, termasuk zat besi yang meningkatkan suplai darah ke otak. Konsumsi makanan bergizi seperti daging buah salak dapat mendukung kecerdasan otak.

Menjaga Pencernaan

Pencernaan yang baik penting untuk penyerapan mineral. Salak Gading, dengan kemampuan mudah dicerna, membantu menjaga kelancaran pencernaan, mencegah penyakit seperti usus buntu, maag, dan masalah pencernaan lainnya.

Mempercantik Kuku

Bagi perempuan, kesehatan kuku penting. Dengan kandungan mineral yang baik, salak ini dapat membantu menjaga kuku tetap cantik dan bersih.

Menjaga Kondisi Kulit

Mengonsumsinya dapat meregenerasi kulit, menjaga kecerahan dan kekencangan. Regenerasi kulit ini juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini dan keriput.

Meskipun sempat tersisih oleh salak pondoh, Salak Gading kini mendapatkan perhatian yang layak. Minat pasar meningkat, petani mulai memasukkannya dalam budidaya salak lokal. Namun, ada kekhawatiran terhadap pola yang serupa dengan salak pondoh, dan panggilan diberikan kepada pemerintah untuk membuat pembatasan penjualan bibit  guna menjaga kestabilan pasar.

Dengan keunikan kulit dan rasa buahnya, Salak Gading menyimpan sejuta manfaat, memberikan harapan baru bagi petani lokal dan mendorong eksplorasi manfaat yang belum terungkap sepenuhnya.

ARTIKEL REKOMENDASI